#trik_pojok { position:fixed;_position:absolute;bottom:0px; left:0px; clip:inherit; _top:expression(document.documentElement.scrollTop+ document.documentElement.clientHeight-this.clientHeight); _left:expression(document.documentElement.scrollLeft+ document.documentElement.clientWidth - offsetWidth); }

Sabtu, 26 Mei 2012

ISTILAH ISTILAH DALAM BIDANG KOMPUTER


Abend (Abnormal end)
Penghentian sebuah  program atau proses yang tidak  normal diakibatkan  oleh terjadinya kesalahan input data oleh user atau crash program.
ABI (Application Binary Interface)
Pemafaran spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan.
AbiWord 
Aplikasi  GNOME  Office untuk mengolah kata (word processing). AbiWord   tergolong dalam salah satu perangkat lunak  open source yang dilisensi  dengan GNU GPL (General Public License). Karena  bisa  digunakan sebebas-bebasnya termasuk juga  melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.
Accessories
Pada sistem operasi Windows,  accessories adalah  program-program tambahan,  misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint, dll.

Accumulator
Bagian  dari  arithmetic unit sebuah komputer untuk menyimpan  hasil dari  perhitungan sementara atau beberapa operasi lain.
Accoustic Coupler
Alat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal  biner  menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital.



ACPI (Advanced Configuration Power Interface)
Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang
digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. Biasanya disediakan agar perangkat tersebut menghemat energi. ACPI ini  adalah interface dan ditujukan  untuk  perangkat lunak dan perangkat keras. Sistem operasi yang mampu melakukan konfigurasi dan power management terhadap sistem, sering disebut dengan Operating System-directed configuration and Power Management (OSPM). ACPI bersama OSPM ini melakukan  power management dengan konsep bahwa suatu sistem akan menghemat energi  dengan mengubah suatu  peralatan  yang sedang tidak digunakan oleh sistem ke kondisi yang menggunakan sedikit  daya (lowed power  state). Konsep ini juga berlaku  untuk keseluruhan sistem,  membuat  keseluruhan sistem berada  pada kondisi yang menggunakan sedikit daya (sleeping state).

Adobe Photoshop
Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.

ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)
Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan  dengan  Discrete Multitone (DMT)  yang memungkinkan  transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.
AMI BIOS
Sebuah PC BIOS produksi American Megatrends, Inc. AMI BIOS telah banyak digunakan  pada PC desktop.

Answer Back
Kemampuan komputer atau terminal yang dipanggil untuk memberikan identitasnya kepada komputer atau terminal yang memanggilnya.

Anti Virus
Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu  drive  apakah terkena virus atau tidak. Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.

Application Program
Program komputer yang dibuat  untuk mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah khusus, misalnya program penggajian.

B&W (Black and White)
Tampilan suatu obyek  dalam warna hitam dan putih  saja. Dalam Lotus 123, perintah ini akan mengembalikan grafik berwarna menjadi grafik hitam putih lagi.
Background
Warna atau gambar yang disusun untuk  menciptakan  efek latar belakang  dalam halaman Web.
Banner
Bagian yang  tidak  bergerak dalam dokumen Web sekalipun kita menggulung scrollbar sampai ke akhir dokumen. Sekarang ini hanya Internet Explorer yang mendukung perintah banner.

BASE
Dasar dari sistem angka, merupakan jumlah angka yang dapat ditampilkan di dalam suatu sistem. Misalnya dasar dari sistem desimal adalah sepuluh, dasar dari sistem biner adalah dua, dasar dari sistem oktal adalah delapan, dasar dari sistem heksadesimal adalah enambelas, dst.
Baterai CMOS
Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply.

Binary Search
Pencarian secara biner,  digunakan  ketika sebuah komputer harus  mencari posisi sebuah simbol dalam daftar urut. Komputer akan mencari simbol dari tengah  daftar sampai data terakhir, dan membandingkannya dengan simbol yang sedang dicari. Apabila simbol tersebut sudah ditemukan, pencarian pada setengah daftar sisanya akan dihentikan.
Bluetooth
Teknologi yang diciptakan untuk koneksi wireless jarak dekat (radius 10 meter). Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada  mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal data melalui sebuah koneksi one-toone dengan enkripsi built-in dan verifikasi
Bookmark
1. Dalam lingkungan Windows berarti memberi tanda pada  hal tertentu untuk memudahkan saat pencarian.
2. Suatu catatan elektronik di dalam browser yang berisi alamat-alamat ke tempat yang kita senangi di Internet. Brainware Istilah untuk menyatakan manusia sebagai pemakai komputer. Brainware bisa dikategorikan menjadi sistem analis, programmer dan operator.
Dynamic Memory
Variasi dari memori semikonduktor yang menyimpan sedikit muatan untuk mengindikasikan keberadaan bit data. Untuk mempertahankan data dalam memori,  secara periodik harus dilakukan pembacaan dan penulisan di setiap lokasi tersebut.
DSL (Digital Subscriber Line)
Teknologi yang memungkinkan penggunaan  bandwith yang tidak digunakan (unused bandwith) yang  telah ada  pada line telepon regular untuk mengirimkan data digital  dengan  cepat tanpa mengganggu layanan telepon analog yang digunakan. DSL yang sering disebut juga sebagai xDSL atau ADSL, menggunakan pengkabelan kawat telepon untuk mengirimkan data dari Internet ke PC maupun dari PC ke Internet.
Edit
Kegiatan memodifikasi format suatu keluaran atau masukan dengan jalan menyisipkan atau menghapus karakter
EGA (Enhanced Graphics Adaptor)
Salah satu standard resolusi monitor. EGA mampu  menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA. Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warna pada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25 karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4 warna  pada resolusi tinggi dan  tampilan grafik  640 x 350  titik. 
E-Mail Virus  
Virus yang  dikirimkan sebagai file lampiran pada e-mail,  virus baru akan bekerja  dan   menginfeksi jika kita membuka file attachment tersebut. Sebagian besar adalah virus Macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word, biasanya file virus tersebut berekstensi .exe. Contohnya seperti virus Worm.ExploreZip
Folder
 Pada lingkungan Graphical User Interface (GUI) seperti Windows dan Macintosh,  folder adalah suatu objek yang dapat berisi beberapa dokumen. Folder digunakan untuk menata informasi. Pada DOS dan UNIX, folder disebut direktori (directory).
FORMAT
1. Pada DOS merupakan perintah untuk membentuk  sector pada disket atau harddisk sehingga dapat digunakan untuk menyimpan data. 
2. Pengaturan hasil keluaran computer,  meliputi penentuan jumlah baris per halaman, spasi antarbaris, batas tulisan (margin), huruf yang dipakai, dll.
Frame
1. Jendela yang tampak pada layar monitor sebuah PC (Personal Computer) ketika membuka suatu aplikasi tertentu. 
2. Pertukaran Protocol Data Unit (PDU) antar peer baik di lapis hubungan data ataupun di sublapis MAC.
Game Port
Sebuah konektor I/O yang  digunakan untuk menyambungkan sebuah joystick atau video game controller yang lain. Game port umumnya adalah socket s15-pin pada bagian belakang PC.

Graphic Card
Sebuah card yang digunakan  untuk meningkatkan kemampuan komputer dalam menampilkan grafik di layar monitor.
High Color
Suatu tampilan sistem yang memakai data warna 16 bit untuk tiap pixelnya. Pada warna 16 bit, tiap pixel memiliki 16 bits, dan bisa merepresentasikan 65 ribu (65.536) jenis warna. Warna 16 bit sering disebut sebagai warna tinggi atau ribuan warna.
HTML (Hyper Text Markup Language)
Format dokumen yang digunakan dalam World Wide Web (WWW). HTML merujuk pada tampilan halaman, jenis, huruf,  elemen grafis, juga link hypertext ke dokumen  lain di Internet.
Hyperlink
Link atau sambungan ke sumber lain (bisa file  atau halaman yang berbeda).  Biasanya digunakan dalam membangun sebuah Web.
Image (Citra)
Suatu representasi keadaan visual. Kamera  konvensional mereplikasikan suatu keadaan dengan merekam molekul-molekul pada sepotong film menggunakan  kimiawi perak  halide. Citra  digital disimpan secara elektronik dengan bit data yang merepresentasikan warna.
Internet Address
Disebut juga alamat Internet, merupakan sebuah alamat 32-bit  yang digunakan untuk mengenali host dan networks di Internet.
Internet-TV
Sebuah  TV yang dimodifikasi untuk  dapat digunakan sebagai media/alat  untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui Internet.
Java 
Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga dapat  dijalankan  dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankan secara total.
Konektor Power
Pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian,  dimana dua kabel dari power supply akan menancap. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu  dalam satu header yang utuh sehingga  tinggal menancapkannya di motherboard.
LAN
Sebuah  jaringan yang dibangun  pada sebuah  lokasi seperti di rumah ataupun  gedungperkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan menggunakan koneksi high-speed antara 2 hingga 100 Mbps.
LCD (Liquid Crystal Display)
Jenis  tampilan layar yang menggunakan persenyawaan  cair yang mempunyai  struktur   molekul  polar,  diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya  pada medan,  membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.
Link
Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam system networking atau Internet.
Login
Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password
MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
Merupakan sebuah standard untuk menghubungkan instrument  elektronik (electronic instruments), pemroses efek (effect processors), dan komputer.
Movie
Kumpulan  beberapa scene. Movie  berisi scene, object, effect,  dan action karena semua unsure inilah sebenarnya yang membentuk animasi pada movie.

MP3
Sebuah file ekstensi yang diasosiasikan  kepada Mpeg Audio Layer 3. Jenis file ini memungkinkan penyimpanan file audio/musik dalam ukuran byte yang relatif  kecil tanpa berkurangnya kualitas yang berarti.
Network
Sekelompok komputer yang terhubung yang bisa saling berbagi sumber daya (seperti printer atau modem) dan data.
Newsletter
Lembar warta, semacam bulletin. Di Internet berarti lembar warta yang  disebarkan via email, dengan tata letak menyerupai  halaman web, sehingga link-nya bisa di klik.
NOS (Network Operating System)
Software yang berjalan pada file server dan mengontrol kerja sebuah  jaringan. NOS memungkinkan user untuk berkomunikasi dan membagi file serta sumber daya lainnya dari beberapa user. NOS menyediakan interface ke jaringan dan berkomunikasi dengan perangkat keras LAN atau NIC.
Object
Pada SWiSH, object dapat berupa simple object dan complex object. Yang dimaksud simple object adalah gambar atau image, sedangkan teks dianggap sebagai complex object.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar